TUGAS INDIVIDU
Resume tentang Hakikat,
Sifat dan Dimensi Manusia dalam Ruang Lingkup Pendidikan sebagai Guru SD
Diajukan untuk memenuhi
salah satu tugas
Mata Kuliah Konsep Wawasan Kependidikan
yang di ampu oleh :
Bapak Nyoman Laba Jayanta
Oleh: ( II-A)
NAMA : Kadek Dwi Intan Agustini
NO/NIM : 03/1611031009
JURUSAN PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
GANESHA
SINGARAJA
2017
Hakikat, sifat dan dimensi manusia
Dalam Ruang Lingkup Pendidikan sebagai Guru SD
A.
Hakikat
manusia
Manusia
sebenarnya adalah makhluk hidup yang berbeda dari yang lainnya. Hal inidisebabkan
karena kemamuan manusia dalam berpikir dan bernalar. Hal ini berkaitan erat
dengan perkembangan rasa ingin tahu manusia yang lebih tinggi terhadap ilmu pengetahuan
dan teknologi. Apabila dikaitkan hakikat manusia dalam dunia pendidikan yaitu
manusia merupakan landasan awal sebagai tokoh utama dalam pendidikan baik
sebagai pendidik ataupun sebagai peserta didik.
B.
Sifat
manusia secara antropologi
Yang
dimaksudkan adalah sifat yang hakiki atau ciri-ciri (karakter) yang membedakan secara
prinsip manusia dengan makhluk lainnya. Adapun wujud dan sifat hakiki manusia
sebagai berikut:
-
Kemampuan menyadari diri
Hal ini merupakan sifat
yang dimiliki manusia. Jika sifat ini dikaitkan kita sebagai calon guru SD yaitu
bisa terlihat sebagai subyek dan obyek. Kita sebgai calon guru jika dipandang
dari segi subyek maka kita harus ingat tentang kewajiban seorang guru baik
untuk peserta didiknya atau melaksanakan administrasi pendidikan. Guru sebagai
obyek yaitu guru mampu menyadari kemampuan peserta didik dan mengarahkan
kemampuan tersebut agar bisa optimal diketahui oleh peserta didik tersebut.
-
Kemampuan bereksistensi
Sebagai calon guru SD
kita juga harus mampu bertahan dari semua rintangan, selain itu mampu menunjukkan
kemampuanna yang belum tentu mereka memilikinya. Karena zaman sudah semakin
canggih kita harus mampu bertahan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban
sebagai seorang guru SD.
-
Memiliki kata hati
Setiap manusia selalu
memiliki kata hati saat kita bingung atau ragu, saat itu juga kata hati akan
berbicara. Seyogyanya kata hati tidak akan membohongi kebenaran atau
kejujurannya. Keterkaitan kata hati sebagai seorang guru yaitu kita mampu
memberikan pemahaman atau penilaian secara obyektif kepada peserta didik serta
tidak menjerumuskan mereka ke dalam hal yang negative walaupun ada masalah
tertentu.
-
Moral
Dalam hal moral atau
perbuatan dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai etika dan etiket. Sebagai etika
kita seorang guru mengetahui mana yang benar dan salah selanjutnya sebagai
etiket seorang guru tahu tata karma sopan
santun. Simpulannya orang yang beretika tentu saja pasti sudah beretiket, namn
sebaliknya orang yang beretiket belum tentu akan beretika. Contohnya saja para
korupsi yang beretiket tahu sopan santun tetapi pada kenyataannya mereka tidak
tahu bahwa sikap yang dilakukan adalah salah.
-
Tanggung jawab
Manusia memiliki sifat
hakiki ini. Tanggung jawab adalah konsekuensi hasil perbuatan kita. Keterkaitan
sebagai seorang calon guru SD yaitu kita tahu konsekuensi atau resiko ketika
memilih sebagai seorang guru. Apa yang kita tanamkan kepada peserta didik itu
yang akan kita pertanggungjawabkan kelak atau dalam arti hasil yang akan
diterima.
-
Kebebasan
Dalam arti ini
kebebasan merupakan sifat yang hakiki dari manusia. Setidak-tidaknya manusia
juga ingin kebebasan. Kebebasan sebagai seorang guru yaitu bebas dalam
memberikan penilaian atau bukan dalam tekanan. Penentuan sebagai guru juga
secara fisik dan batin tidak membebani atau membatasi kemauan kita untuk
menjadi yang lainnya. Contohnya saat pemilihan jurusan kita tidak terpaksa
memili jurusan PGSD.
-
Kewajiban dan hak
Setiap manusia pasti
memiliki hak dan kewajiban. Sebgai seorang guru kita harus mendahulukan
kewajiban sebagai seorang guru baru menuntut hak kita. Dalam hak dan kewajiban
terdapat beberapa didiplin yaitu:
a) Disiplin
rasional: rasa bersalah
b) Disiplin
social: rasa malu
c) Disiplin
afektif: sikap menyesal dan gelisah
d) Disiplin
agama: rasa berdosa
-
Kebahagian
Kebahagian yang
termahal adalah kesehatan menurut para filsuf terdahulu. Jika sifat hakiki
tersebut telah mampu dikuasai maka kebahagiaan yang dicapai. Kategori kebahagiaan
sebagai seorang guru yaitu peserta didiknya berhasil tuntas dan pembelajarannya
serta sukses.
Ø Hubungan Manusia dengan masyarakat,
lingkungan dan Tuhan
Tuhan
HV
HK
Masyarakat HH1 Manusia HH2 Lingkungan
^ ^
Ket:
HK:
Hubungan Konsentris dengan Tuhan
HV:
Hubungan Vertikal dengan Tuhan
HH1:
Hubungan Horizontal dengan masyarakat
HH2:
Hubungan Horizontal dengan lingkungan
C. Dimensi Hakikat Manusia
Adapun
dimensi hakikat mausia yaitu:
1) Dimensi
keindividuan
Merupakan sifat unik manusia, kita
pahamkan jati diri kita itu seperti apa sehingga tidak terbawa arus zaman
sehingga proses pendidikan lebih baik lagi.
2) Dimensi
kesosialan
Berhubungan dengan masyarakat yaitu
interaksi satu sama lain yang hakikatnya manusia tidak dapat hidup sendiri.
3) Dimensi
kesusilaan
Lebih kearah tingkah laku atau sikap pada tahap ini pemahaman nilai lebih sikap
kognitif, kemauan untuk bertindak atau melaksanakan lebih ke arah sikap afektif.
4) Dimensi
Keagamaan
Hubungan vertikal dengan tuhan. Apa pun dan
bagaimanapun semua yang ada merupakan kehendak dari tuhan.
Terima kasih atas kunjungannya jangan lupa komentar atau sarannya ☺❤
Tidak ada komentar :
Posting Komentar