Pengikut

Selasa, 07 Maret 2017

Hakikat, sifat dan Dimensi Manusia dalam Ruang Lingkup Pendidikan sebagai Guru SD

TUGAS INDIVIDU
Resume tentang Hakikat, Sifat dan Dimensi Manusia dalam Ruang Lingkup Pendidikan sebagai Guru SD
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
 Mata Kuliah Konsep Wawasan Kependidikan
 yang di ampu oleh :
Bapak Nyoman Laba Jayanta

Oleh: ( II-A)
NAMA               :        Kadek Dwi Intan Agustini       
NO/NIM            :        03/1611031009



JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2017

Hakikat, sifat dan dimensi manusia Dalam Ruang Lingkup Pendidikan sebagai Guru SD
A.    Hakikat manusia
Manusia sebenarnya adalah makhluk hidup yang berbeda dari yang lainnya. Hal inidisebabkan karena kemamuan manusia dalam berpikir dan bernalar. Hal ini berkaitan erat dengan perkembangan rasa ingin tahu manusia yang lebih tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Apabila dikaitkan hakikat manusia dalam dunia pendidikan yaitu manusia merupakan landasan awal sebagai tokoh utama dalam pendidikan baik sebagai pendidik ataupun sebagai peserta didik.
B.     Sifat manusia secara antropologi
Yang dimaksudkan adalah sifat yang hakiki atau ciri-ciri (karakter) yang membedakan secara prinsip manusia dengan makhluk lainnya. Adapun wujud dan sifat hakiki manusia sebagai berikut:
-          Kemampuan menyadari diri
Hal ini merupakan sifat yang dimiliki manusia. Jika sifat ini dikaitkan kita sebagai calon guru SD yaitu bisa terlihat sebagai subyek dan obyek. Kita sebgai calon guru jika dipandang dari segi subyek maka kita harus ingat tentang kewajiban seorang guru baik untuk peserta didiknya atau melaksanakan administrasi pendidikan. Guru sebagai obyek yaitu guru mampu menyadari kemampuan peserta didik dan mengarahkan kemampuan tersebut agar bisa optimal diketahui oleh peserta didik tersebut.
-          Kemampuan bereksistensi
Sebagai calon guru SD kita juga harus mampu bertahan dari semua rintangan, selain itu mampu menunjukkan kemampuanna yang belum tentu mereka memilikinya. Karena zaman sudah semakin canggih kita harus mampu bertahan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai seorang guru SD.
-          Memiliki kata hati
Setiap manusia selalu memiliki kata hati saat kita bingung atau ragu, saat itu juga kata hati akan berbicara. Seyogyanya kata hati tidak akan membohongi kebenaran atau kejujurannya. Keterkaitan kata hati sebagai seorang guru yaitu kita mampu memberikan pemahaman atau penilaian secara obyektif kepada peserta didik serta tidak menjerumuskan mereka ke dalam hal yang negative walaupun ada masalah tertentu.
-          Moral
Dalam hal moral atau perbuatan dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai etika dan etiket. Sebagai etika kita seorang guru mengetahui mana yang benar dan salah selanjutnya sebagai etiket  seorang guru tahu tata karma sopan santun. Simpulannya orang yang beretika tentu saja pasti sudah beretiket, namn sebaliknya orang yang beretiket belum tentu akan beretika. Contohnya saja para korupsi yang beretiket tahu sopan santun tetapi pada kenyataannya mereka tidak tahu bahwa sikap yang dilakukan adalah salah.
-          Tanggung jawab
Manusia memiliki sifat hakiki ini. Tanggung jawab adalah konsekuensi hasil perbuatan kita. Keterkaitan sebagai seorang calon guru SD yaitu kita tahu konsekuensi atau resiko ketika memilih sebagai seorang guru. Apa yang kita tanamkan kepada peserta didik itu yang akan kita pertanggungjawabkan kelak atau dalam arti hasil yang akan diterima.
-          Kebebasan
Dalam arti ini kebebasan merupakan sifat yang hakiki dari manusia. Setidak-tidaknya manusia juga ingin kebebasan. Kebebasan sebagai seorang guru yaitu bebas dalam memberikan penilaian atau bukan dalam tekanan. Penentuan sebagai guru juga secara fisik dan batin tidak membebani atau membatasi kemauan kita untuk menjadi yang lainnya. Contohnya saat pemilihan jurusan kita tidak terpaksa memili jurusan PGSD.
-          Kewajiban dan hak
Setiap manusia pasti memiliki hak dan kewajiban. Sebgai seorang guru kita harus mendahulukan kewajiban sebagai seorang guru baru menuntut hak kita. Dalam hak dan kewajiban terdapat beberapa didiplin yaitu:
a)      Disiplin rasional: rasa bersalah
b)      Disiplin social: rasa malu
c)      Disiplin afektif: sikap menyesal dan gelisah
d)     Disiplin agama: rasa berdosa
-          Kebahagian
Kebahagian yang termahal adalah kesehatan menurut para filsuf terdahulu. Jika sifat hakiki tersebut telah mampu dikuasai maka kebahagiaan yang dicapai. Kategori kebahagiaan sebagai seorang guru yaitu peserta didiknya berhasil tuntas dan pembelajarannya serta sukses.
Ø  Hubungan Manusia dengan masyarakat, lingkungan dan Tuhan
                                       Tuhan          
                                                HV
                                                     HK
Masyarakat    HH1        Manusia     HH2    Lingkungan
                                        ^    ^
                                   
Ket:
HK: Hubungan Konsentris dengan Tuhan
HV: Hubungan Vertikal dengan Tuhan
HH1: Hubungan Horizontal dengan masyarakat
HH2: Hubungan Horizontal dengan lingkungan
C.    Dimensi Hakikat Manusia
Adapun dimensi hakikat mausia yaitu:
1)      Dimensi keindividuan
Merupakan sifat unik manusia, kita pahamkan jati diri kita itu seperti apa sehingga tidak terbawa arus zaman sehingga proses pendidikan lebih baik lagi.
2)      Dimensi kesosialan
Berhubungan dengan masyarakat yaitu interaksi satu sama lain yang hakikatnya manusia tidak dapat hidup sendiri.
3)      Dimensi kesusilaan
Lebih kearah tingkah laku atau sikap  pada tahap ini pemahaman nilai lebih sikap kognitif, kemauan untuk bertindak atau melaksanakan lebih ke arah sikap afektif.
4)      Dimensi Keagamaan

Hubungan vertikal dengan tuhan. Apa pun dan bagaimanapun semua yang ada merupakan kehendak dari tuhan.


Terima kasih atas kunjungannya jangan lupa komentar atau sarannya ☺❤

Tidak ada komentar :

Posting Komentar